Berita Terbaru Kafein adalah kandungan stimulan yang bekerja dengan merangsang sistem saraf pusat, jantung, otot dan juga tekanan darah. Kafein sendiri banyak terdapat pada minuman salah satunya yang sering dikaitkan dengan kafein adalah kopi.

Padahal sebenarnya tidak hanya kopi, akan tetapi ada juga beberapa minuman lainnya yang didalamnya juga mengandung kafein diantaranya teh dan juga cokelat dalam jumlah tertentu. Kafein sendiri jika masuk tubuh memiliki beberapa dampak bagi kesehatan. Karena itu konsumsi kafein diperbolehkan, asalkan tidak melebihi ambang batasnya. Karena jika berlebihan dampaknya bagi tubuh akan benar – benar terasa.
Lantas, apa saja dampak kafein bagi tubuh? Yuk simak informasinya!

Pahami Dampak Kafein Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Dampak Kafein Bagi Kesehatan Tubuh
Ada beberapa dampak kafein bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak dari kafein ini bagi kesehatan tubuh diantaranya :

1.Meningkatkan Stres
Kafein meningkatkan tekanan darah dan juga kafein ini dapat meningkatkan hormon stres yang dikenal dengan katekolamin. Hormon inilah yang dapat menyebabkan anda secara fisik lebih stres. Bahkan dari beberapa studi yang dilakukan ditemukan fakta bahwa kandungan kafein dapat menjadi faktor penyebab stres.

2.Mengganggu Sistem Saraf
Wilayah utama dalam tubuh yang diganggu oleh kafein adalah sistem saraf pusat manusia. Kafein ini memiliki sifat sebagai aditif untuk siklus alami tubuh, karena itu ia akan mengganggu siklus yang sedang berjalan. Kafein ini juga mampu menghambat di reseptor otak yang bertugas untuk memantau adenosine. Ini merupakan sebuah neurokimia yang secara alami membuat anda bangun dan mengantuk. Ketika reseptor ini dihambat tentu saja akan ada ketimpangan yang dilakukan sistem saraf pusat dalam menjalankan tugasnya.

3.Meningkatkan Berat Badan
Selain kopi hitam, kafein juga merupakan salah satu jalan tercepat menuju usus besar. Jika memang anda mengonsumsi dua gelas sehari berarti anda telah mengisi setengah dari kalori harian yang dibutuhkan. Karena itu kafein juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat memicu obesitas. Untuk itu anda yang sedang dalam program diet khususnya upayakan untuk menghindari kafein supaya terhindar dari masalah obesitas dan diet anda juga bisa berhasil.

4.Resiko Terkena Penyakit Lainnya
Jika memang anda tidak memiliki masalah jantung, tidak sering pusing atau tidak ada berat badan yang bertambah atau mungkin juga tidak mengalami diabetes, maka resiko kafein yang lainnya adalah adanya gangguan pita suara. Ya, mengonsumsi kafein terlalu sering dapat menyebabkan gangguan pita suara. Untuk itu anda harus waspada dalam mengonsumsinya.

Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Dampak Kafein Bagi Kesehatan Tubuh bermanfaat. Jaga selalu kesehatan anda.