Berita Terbaru Pterygium adalah suatu kondisi cedera di mata yang mudah sekali dialami oleh mereka yang seringkali menghabiskan waktu beraktifitas di luar ruangan atau di luar rumah. Karenanya, hal yang demikian ini paling banyak diderita oleh orang-orang dengan profesi seperti halnya para peselancar profesional. Oleh sebab itulah, nama sebutan untuk kondisi yang seperti ini pun lebih dikenal sebagai surfer’s eye, dan dapat menyerang baik orang dewasa atau pun anak-anak. Perlu Anda tahu bahwasannya pterygium ini ditandai dengan munculnya selaput yang berwarna merah pada bagian putih mata, biasanya diujung dalam mata yang dekat dengan hidung. Pterygium ini umumnya tumbuh dengan perlahan dari bagian ujung dalam mata di dekat hidung, kearah tengah matanya. Di satu titik, pterygium ini akan berhenti bertumbuh. Akan tetapi pada kasus yang parah, pterygium ini dapat tumbuh menutupi pupil sampai mengganggu penglihatan.

Mengenal Lebih Jauh Pteryggium, Bintik Merah di Mata

Cara mengobati pterygium (bintik merah di mata)
Segera Anda periksakan diri ke dokter mata bila Anda memang sakit pterygium tersebut. Penyakit ini umumnya tidak memerlukan pengobatan yang serius bila gejalanya ringan. Bila memang terjadi peradangan dan juga menyebabkan kemerahan maupun iritasi, bisa diobati dengan menggunakan obat tetes atau salep khusus, seperti obat tetes mata vaskonstriktor, yakni naphcon A, atau pun obat tetes mata steroid yakni lotemax atau pun FML.

Apabila lesi memang menyebabkan ketidaknyamanan secara berkepanjangan atau pun mengganggu penglihatan, dokter mungkin akan menyarankan kepada Anda untuk melakukan operasi. Operasi ini mempunyai resiko komplikasi, yang salah satunya adalah kekambuhan lesi dengan lebih agresif. Jadi, umumnya operasi dilakukan hanya bila perawatan konservatif ini gagal, penglihatan pasien akan beresiko rusak, atau pun pasien terganggu karena alasan penampilan.

Seringkali pasien diminta menggunakan obat tetes mata steroid selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Hal yang demikian ini bisa mengurangi peradangan serta resiko kekambuhan pterygium.

Demikian tadi sekilas informasi tentang penyakit pterygium yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.